IMG_20190213_141018

Beragama Yang Mencerahkan Berbasis Tauhid

 

IMG_20190213_135238

Pengajian dalam menyongsong Tanwir 2019 dimaksudkan untuk memberikan spirit dan inspirasi sekaligus meneguhkan komitmen warga Muhammadiyah untuk memiliki energi tauhid dalam menggerakkan faham keagamaan yang moderat (tawassuth) (QS/2, Al-Baqarah : 143).

Dalam semiotika fenomena keagamaan dapat ditafsirkan dalam tiga dimensi penandaan yaitu : 1) makna detonatif, 2) makna konotatif dan 3) makna mitos.

Pemahaman detonative tentang Tanwir dimaksudkan bahwa terjadinya suatu peristiwa penting dalam organisasi Muhammadiyah sebagai forum tertinggi setelah Muktamar. Forum Tanwir sebagai bukti Muhammadiyah sebagai organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia berfikir universal tentang kemajuan bangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh bangsa itu sendiri (QS/13, Arro’du : 11). Hal ini tercermin dari keyakinan dalam basis tauhid, bahwa seluruh aktivitas dipersembahkan untuk mendapatkan keridlaan Allah SWT (QS/6, Al-An’am : 162).

Sementara itu warga Muhammadiyah diharapkan mengutamakan integritas dalam budaya kerja dan daripadanya memunculkan karakteristik keagamaan warga Muhammadiyah dalam beragama  disertai  dengan sikap-sikap terpuji dalam bingkai tauhidullah. Tegasnya moralitas sebagai hasil dari bertauhid dan beribadah ditunaikan secara konsisten. Itulah sebagai wujud beragama yang mencerahkan

Posted in Agenda, Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.