D3 Hubungan Masyarakat


Profil Kaprodi | Visi, Misi dan Tujuan | Kurikulum | Daftar Dosen


Profil Kaprodi D3 Hubungan Masyarakat

 

Nama : Ahmad Yusron, M.Si

Visi, Misi dan Tujuan Prodi D3 Hubungan Masyarakat

Visi

Menjadi program studi yang unggul secara islami, profesional, dan mandiri di bidang vokasi hubungan masyarakat.

a) Unggul secara islami

Program Studi D3 Hubungan Masyarakat memiliki kompetensi sebagai penerus perjuangan Muhammadiyah, memahami dan mengamalkan Al-Quran dan As Sunah sebagai pedoman hidup yang unggul di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Brebes dan Tegal.

 

b) Unggul secara profesional

Mengandung makna bahwa Program Studi D3 Hubungan Masyarakat memiliki profesionalisme dalam bidang keilmuan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Brebes dan Tegal.

 c) Unggul secara mandiri

Mengandung makna Program Studi D3 Hubungan Masyarakat membentuk mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur, kreatif, dan inovatif.

 

 

Misi

Misi Program Studi D3 Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah secara terpadu di bidang hubungan masyarakat.
  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung pada peningkatan kualitas bidang hubungan masyarakat sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang hubungan masyarakat yang mendorong perkembangan Iptek dan dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri.
  4. Mendorong sikap kewirausahaan yang kreatif dan inovatif.

Tujuan

    1. Menghasilkan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional dan
    2. Meningkatkan peran serta program studi dalam penelitian di bidang pendidikan Bahasa Inggris untuk menemukan cara-cara meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris.
    3. Menghasilkan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pedagogik dan memiliki ilmu pengetahuan bahasa Inggris yang berkualitas sehingga mampu berkompetisi dan mengembangkan diri dalam bidangnya serta memberdayakan masyarakat luas.
    4. Menghasilkan lulusan pendidikan Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media dan bahan ajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
    5. Menghasilkan lulusan pendidikan Bahasa Inggris yang berjiwa kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan diri, dan mengimplementasikan ilmu pendidikan bahasa Inggris di masyarakat sesuai minat dan kemampuannya.

Kurikulum Prodi D3 Hubungan Masyarakat

Perkembangan serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sudah tidak terelakan lagi. Ini merupakan tantangan bagi setiap pengelola pendidikan, terlebih lagi pengelola pendidikan tinggi. UU No.12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi menegaskan bahwa perguruan tinggi berkewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masayarakat. Sebagai perguruan tinggi swasta, Universitas Muhammadiyah Cirebon di samping harus memenuhi ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, juga berkewajiban melakasanakan ketentuan dan peraturan Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) memiliki kekhasan sebagai identitas pembeda dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya.

Dalam upaya optimalisasi terhadap fungsi, dan prinsip serta tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan tinggi, maka penyesuaian, perubahan, dan inovasi kurikulum senantiasa menjadi pusat perhatian dan dilaksanakan sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan yang berorientasi pada peningkatan Kualitas Caturdharma Perguruan Tinggi. Program Studi D3 Hubungan Masyarakat UMC bergerak dinamis mengikuti paradigma perkembangan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. Kurun waktu 5 tahun terakhir, terdapat dua kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI).

Program Studi D3 Hubungan Masyarakat UMC sudah sewajarnya melakukan proses adaptasi terhadap tuntutan dunia tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan  Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, serta terbitnya dokumen penjaminan mutu berupa Buku Pedoman Nomor: 002/BAK/PR-PK/1.1.3/2016 tentang Pengembangan Kurikulum, maka Program Studi D3 Hubungan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Cirebon senantiasa meninjau dan menyusun ulang kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat, pemangku jabatan (stakeholders), dan kemajuan Iptek.

Saat  ini, Program Studi D3 Hubungan Masyarakat UMC menggunakan dua jenis kurikulum. Bagi mahasiswa angkatan 2016/2017 sudah mulai menggunakan kurikulum berbasis KKNI, sedangkan angkatan 2015/2016 ke bawah masih menggunakan kurikulum berbasis KBK. Hal tersebut sesuai dengan sejumlah peraturan yang melandasi penyesuaian dan atau perubahan kurikulum yang mengharuskan program studi perlu mengubah kurikulumnya dari KBK menjadi KKNI sesuai regulasi yang ada, di antaranya:

  1. UU RI No.12 Tahun 2012 tentang PendidikanTinggi,
  2. Peraturan Presiden RI Nomor 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Pendidikan Tinggi,
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,
  5. Pedoman PP Muhammadiyah Nomor 02/PED/1.0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah,
  6. Ketentuan Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 178/KET/I.31D/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  7. Statuta Universitas Muhammadiyah Cirebon dan Buku Pedoman Nomor: 002/BAK/PR-PK/1.1.3/2016 tentang Pengembangan K

Daftar Dosen Prodi D3 Hubungan Masyarakat

Daftar Nama Dosen
Dikhorir Afnan, M.Si. Dikhorir Afnan, M.Si.

 

M. Kamaluddin, M.Hum.

M. Kamaluddin, M.Hum.

Munggono, M.Si.

Munggono, M.Si.

 Nurul Chamidah, M.I.Kom.

Nurul Chamidah, M.I.Kom.

 Rizki Budhi Suhara, M.I.Kom.

Rizki Budhi Suhara, M.I.Kom.

Uun Machsunah, MM. Uun Machsunah, MM.