Fakultas Ekonomi


Tentang Fakultas Ekonomi : Profil Dekan | Sejarah | Visi, Misi dan Tujuan


Program Studi Fakultas Ekonomi : S1 Akuntansi | S1 Manajemen


Sari Laelatul Qadriah, M.Si - Dekan Fakultas Ekonomi

Profil Dekan Fakultas Ekonomi

Nama: Sari Laelatul Qadriah, M.Si

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Fakultas Ekonomi

Fakultas  Ekonomi  UMC  merupakan  salah  satu  Fakultas dari lima Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah  Cirebon  yang  didirikan  pada  tahun  2000 berdasarkan  SK  Mendiknas  No.  2039.  D4.II/12/99  tanggal  24 Desember 1999.  Lokasi Fakultas Ekonomi UMC yang berada dalam kawasan strategis, yang secara geografis berada di wilyah CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) serta daerah lainnya seperti Brebes, Tegal, Pekalongan. Sehingga berdasarkan kondisi ini maka secara spesifik, Fakultas Ekonomi UMC harus dapat melangkah lebih maju menghadapi pengaruh lingkungan eksternal yang sangat cepat perubahannya. Perubahan lingkungan luar perguruan tinggi (PT), mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan PT memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi PT sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana PT harus berinteraksi  dengan  perubahan  tersebut.  Respon  yang  dilakukan oleh PT akan sangat menentukan keberlangsungan hidup dan posisinya dalam konstelasi persaingan yang ada.

Dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia guna mengantisipasi era globalisasi dewasa ini, maka beberapa strategi direncanakan untuk dilakukan oleh Fakultas Ekonomi UMC.  Perencanaan  ini  dilakukan  dengan  tidak mengabaikan    kondisi    dan    keberadaan/kemampuan    Fakultas

Ekonomi UMC dewasa ini. Oleh sebab itu, analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan menjadi dasar dari Perencanaan strategis Pengembangan Institusi secara keseluruhan.

Rencana Strategis ini dibuat sebagai peta jalan (road map) yang akan ditapaki oleh FE dan merupakan ijtihad kreatif operasionalisasi Rencana Strategis di tingkat Universitas. Supaya bersifat  strategis,  semua  aktivitas/program  yang  akan  dilakukan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi; (b) responsif terhadap peluang-peluang yang ada; dan (c) harus didukung dengan rencana yang fisibel. Selain itu, Rencana Strategis juga akan dijadikan panduan evaluasi pelaksanaan program.

 

Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Ekonomi

Visi

Menjadi Fakultas Yang Unggul Dalam Mencetak Sarjana Ekonomi Yang Islami, Profesional dan Mandiri

Rumusan visi ”Unggul” memiliki makna sebagai berikut:

  1. Memiliki kompetensi keislaman dan kemuhammadiyahan;
  2. Memiliki kompetensi bidang ilmu manajemen dan akuntansi;
  3. Memiliki kemampuan kewirausahaan.

Adapun rumusan visi “Islami” memiliki makna sebagai berikut:

  1. Berintegritas, menjunjung tinggi moral dan etika profesi.
  2. Peduli dan tanggap terhadap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan ahlakul karimah.

Adapun rumusan visi “Profesional” memiliki makna sebagai berikut:

  1. Memiliki kompetensi bidang ekonomi, kreatif ,inovatif, adaptif dan berdaya saing tinggi;
  2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi  sesuai bidang manajemen dan akuntansi;
  3. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin.

Adapun rumusan visi “Mandiri” memiliki makna sebagai berikut:

  1. Memiliki jiwa wirausaha;
  2. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan;
  3. Mampu menciptakan lapangan kerja bagi lingkungan sekitarnya;

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ekonomi secara profesional & Islami untuk mendukung pembangunan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan mempublikasikan hasil serta karya ilmiah yang diharapkan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiyah dilaksanakan secara terintegrasi dan simultan yang dapat memberikan manfaat bagi segenap lapisan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama/kemitraan dengan lembaga bisnis guna meningkatkan kompetensi lulusan agar memiliki daya saing.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Ekonomi yang berkualitas dan selalu menjadikan nilai-nilai ke-Islaman sebagai landasan berpikir dan berkarya, dengan karakteristik sebagai berikut:
    • Memiliki kompetensi di bidang manajemen dan akuntansi, kreatif, inovatif, adaptif dan berdaya saing tinggi;
    • Mampu memahami dan mengamalkan ajaran islam sesuai dengan al-qur’an dan hadist dan mengetahui tentang kemuhammadiyahan;
    • Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sesuai bidang ilmu manajemen dan akuntansi
    • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin, dan memiliki jiwa wirausaha;
    • Berintegritas, menjunjung tinggi moral dan etika profesi, dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan;
    • Peduli dan tanggap terhadap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.
  2. Dihasilkannya penelitian-penelitian bidang manajemen dan akuntansi, serta karya ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk:
    • Pengembangan pendidikan dan ilmu manajemen & akuntansi
    • Perkembangan IPTEK dan mendukung peningkatan daya saing bangsa; serta
    • Publikasi tingkat nasional.
  3. Dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dakwah islamiah yang berkontribusi nyata dalam pengembangan dan penyebarluasan IPTEKS melalui kegiatan:
    • Pemberdayaan potensi masyarakat;
    • Peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya memecahkan masalahnya
    • Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Peningkatan kerjasama kemitraan dengan stakeholders untuk meningkatkan citra lembaga guna:
    • Peningkatan relevansi lulusan dan daya saing
    • Membangun kepercayaan, martabat dan citra institusi di mata publik
    • Meningkatkan sumber pendanaan di luar SPP mahasiswa
  5. Peningkatan tata kelola kelembagaan fakultas yang efektif dan efisien sebagai kontribusi bagi upaya mewujudkan tata kelola universitas yang baik (good university governance).