Fakultas Ilmu Kesehatan


Tentang Fakultas Ilmu Kesehatan : Profil Dekan | Sejarah | Visi, Misi dan Tujuan


Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan : S1 Ilmu Keperawatan


Profil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan

icon-profile

sedang dalam pengembangan

 

Sejarah Fakultas Ilmu Kesehatan

   Fakultas Ilmu Kesehatan UMC merupakan salah satu Fakultas dari lima Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Cirebon  yang  didirikan  pada  tahun  2000 berdasarkan  SK  Mendiknas  No.  2039.  D4.II/12/99  tanggal  24 Desember 1999.  Lokasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMC yang berada dalam kawasan strategis, yang secara geografis berada di wilyah CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) serta daerah lainnya seperti Brebes, Tegal, Pekalongan. Sehingga  berdasarkan  kondisi  ini  maka secara spesifik, Fakultas Ilmu Kesehatan UMC harus dapat melangkah lebih maju dan profesional menghadapi pengaruh lingkungan eksternal yang sangat cepat perubahannya. Perubahan lingkungan luar perguruan tinggi (PT), mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan PT memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi PT sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana PT harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Respon yang dilakukan oleh PT akan sangat menentukan keberlangsungan hidup dan posisinya dalam konstelasi persaingan yang ada.

  Dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia guna mengantisipasi era globalisasi dewasa ini, maka beberapa strategi direncanakan untuk dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UMC. Perencanaan ini dilakukan dengan tidak mengabaikan kondisi dan keberadaan/kemampuan Fakultas Ilmu Kesehatan  UMC  dewasa  ini.  Oleh  sebab  itu,  analisis  tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan  tantangan  menjadi  dasar dari Perencanaan strategis Pengembangan Institusi secara keseluruhan.

  Rencana Strategis ini dibuat sebagai peta jalan (road map) yang akan ditapaki oleh Fikes dan merupakan ijtihad kreatif operasionalisasi Rencana Strategis di tingkat Universitas. Supaya bersifat  strategis,  semua  aktivitas/program  yang  akan dilakukan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi; (b) responsif terhadap peluang-peluang yang ada; dan (c) harus didukung dengan rencana yang fisibel. Selain itu, Rencana Strategis juga akan dijadikan panduan evaluasi pelaksanaan program.

 

Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Ilmu Kesehatan

Visi
  • Unggul :
    Sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang Kesehatan.
  • Islami :
    Fakultas menyelenggarakan manajemen dan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan prinsip dan nilai-nilai Islami.
  • Profesional :
    Fakultas menyelnggarakan manejemen pendidikan kesehatan sesuai tuntutan kebutuhan pengguna dibidang pelayanan kesehatan, dan menggunakan ilmu dan tekhnologi sesuai perkembangan jaman.
  • Mandiri :
    Alumni Fakultas ilmu Kesehatan memiliki jiwa kemandirian.

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dibidang kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang professional dan mandiri.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pelayanan dan pendidikan kesehatan untuk mendukung masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas.
  3. Melaksanakan aktifitas penelitian di bidang kesehatan yang memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan.
  4. Menanamkan nilai-nilai Islam kepada seluruh civitas akademik secara komprehensif.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi serta memanfaatkannya bagi kemajuan Islam dalam peningkatan status kesehatan Masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang professional, siap kerja dan berjiwa interpreneurship berdasarkan nilai Islami.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang inovatif dibidang kesehatan dan sesuai dengan masalah kesehatan yang sedang dihadapi Masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak dan pemerintah untuk menciptakan profesionalitas mahasiswa dan lulusan.
  5. Mengembangkan sistem organisasi dan manajemen yang rapi, efektif dan efisien sehingga mampu memberikan pelayanan administrasi yang memuaskan pengguna.