FISIP


Tentang FISIP : Profil Dekan | Sejarah | Visi, Misi dan Tujuan


Program Studi FISIP : Ilmu Komunikasi | Ilmu Pemerintahan


icon-profile

sedang dalam pengembangan

Sejarah FISIP

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon (FISIP UMC) merupakan salah satu fakultas berada di lingkungan UMC yang didirikan pada tahun 2000 berdasarkan SK Mendiknas No. 203/D/0/2000 pada 28 September 2000. Lokasi FISIP UMC berada dalam kawasan strategis, yang secara geografis berada di simpul jalur nasional (jalur Pantura), jalur transportasi wilayah tengah Jawa Barat, (Cirebon, Majalengka bandung) jalur transportasi wilayah selatan Jawa Barat (Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasik, Bandung) dan gerbang timur Jawa Barat menuju Jawa tengah (Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan)

Berdasarkan kondisi wilayah yang strategis ini, UMC khususnya, FISIP UMC harus dapat menjadi pilar pembangunan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat guna menciptakan sumberdaya manusia yang unggul, profesional, mandiri dan islami sebagai modal dalam membangun bangsa.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas maka dibuat beberapa strategi dan perencanaan oleh FISIP UMC. Perencanaan ini dilakukan dengan tidak mengabaikan kondisi dan keberadaan atau kemampuan FISIP UMC dewasa ini. Oleh sebab itu, analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan menjadi dasar dari Perencanaan strategis Pengembangan Institusi secara keseluruhan.

Rencana strategis ini dibuat sebagai peta jalan (road map) yang akan ditapaki oleh FISIP UMC dan merupakan ijtihad kreatif operasionalisasi rencana strategis di tingkat Universitas. Supaya bersifat strategis, semua aktivitas atau program yang akan dilakukan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi; (b) responsif terhadap peluang-peluang yang ada; dan (c) harus didukung dengan rencana yang visible. Selain itu, rencana strategis juga akan dijadikan panduan evaluasi pelaksanaan program.

 

Visi, Misi dan Tujuan FISIP

Visi:

Menjadi fakultas unggulan yang Professional, Mandiri dan Islami di bidang sosial dan politik”.

Rumusan visi ”Unggul” memiliki makna bahwa FISIP UMC menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum yang unggul dan melakukan pengembangan keilmuan serta penelitian yang berbobot yang memiliki daya guna yang berarti bagi masyarakat.

Rumusan visi ”Profesional” memiliki makna bahwa FISIP UMC menyelenggarakan proses pendidikan dengan menggunakan manajemen pendidikan yang profesional.

Rumusan visi “Mandiri” memiliki makna bahwa tujuan penyelenggaraan pendidikan di FISIP UMC tidak hanya untuk mencetak sarjana dan ahli madya yang siap kerja tetapi memiliki jiwa kewirausahaan.

Rumusan visi “Islami” memiliki makna bahwa FISIP UMC sebagai lembaga pendidikan yang di dalamnya mengembangkan nilai-nilai keislaman sehingga dapat mencetak sarjana dan ahli madya yang tidak hanya memiliki kompetensi dan keahlian di bidang keilmuan sosial politik tetapi juga memiliki karakter spiritual Islam yang kuat.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik, mulai dari jenjang diploma dan sarjanadengan mengedepankan keunggulan kurikulum, manajemen profesional, menanamkan nilai-nilai kemandirian bagi mahasiswa dan berperan aktif dalam dakwah Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berbobot dan mempublikasikan hasil serta karya ilmiah yang diharapkan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiyah dilaksanakan secara terintegrasi dan simultan yang dapat memberikan manfaat bagi segenap lapisan masyarakat.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya dan sarjana yang berkualitas unggul, memiliki profesionalisme dalam dunia kerja, memiliki semangat kemandirian dalam berwirausaha dan memiliki integritas keislaman (akhlakul karimah).
  2. Menghasilkan inovasi-inovasi unggul melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian yang memiliki manfaat bagi masyarakat luas.
  3. Menjadikan FISIP UMC sebagai pusat agen perubahan dan pemberdayaan masyarakat khususnya di wilaya Ciayumajakuning.