FKIP


Tentang FKIP : Profil Dekan | Sejarah | Visi, Misi dan Tujuan


Program Studi FKIP : S1 Pendidikan Bahasa Inggris | S1 Pendidikan Guru PAUD | S1 Pendidikan Guru SD |

                                  S1 Pendidikan Kimia | S1 Pendidikan Matematika


Profil Dekan FKIP

icon-profile

Nama          : –

Alamat        : –

 

 

Sejarah FKIP

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMC merupakan salah satu Fakultas dari lima Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Cirebon yang didirikan pada tahun 2000 berdasarkan SK Mendiknas No. 2039. D4.II/12/99 tanggal 24 Desember 1999, tetapi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan baru didirikan pada Tahun Akademik 2008/2009.

Lokasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMC yang berada dalam kawasan strategis, yang secara geografis berada di wilyah CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) serta daerah lainnya seperti Brebes, Tegal, Pekalongan. Sehingga berdasarkan kondisi ini maka secara spesifik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan UMC harus dapat melangkah lebih maju menghadapi pengaruh lingkungan eksternal yang sangat cepat perubahannya. Perubahan lingkungan luar perguruan tinggi (PT), mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan PT memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi PT sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana PT harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Respon yang dilakukan oleh PT akan sangat menentukan keberlangsungan hidup dan posisinya dalam konstelasi persaingan yang ada.

Dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia guna mengantisipasi era globalisasi dewasa ini, maka beberapa strategi direncanakan untuk dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMC. Perencanaan ini dilakukan dengan tidak mengabaikan kondisi dan keberadaan/kemampuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan UMC dewasa ini. Oleh sebab itu, analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan menjadi dasar dari Perencanaan strategis Pengembangan Institusi secara keseluruhan.

Rencana Strategis ini dibuat sebagai peta jalan (road map) yang akan ditapaki oleh FKIP dan merupakan ijtihad kreatif operasionalisasi Rencana Strategis di tingkat Universitas. Supaya bersifat strategis, semua aktivitas/program yang akan dilakukan harus (a) bertumpu pada kekuatan institusi; (b) responsif terhadap peluang-peluang yang ada; dan (c) harus didukung dengan rencana yang fisibel. Selain itu, Rencana Strategis juga akan dijadikan panduan evaluasi pelaksanaan program.

 

Visi, Misi dan Tujuan FKIP

 

Visi :

Berdasarkan hasil Rapat Kerja (Raker) Universitas pada tanggal 2 – 3 Pebruari 2011 yang bertempat di Batu Raden, Purwokerto. Yang mana hasil rapat tersebut salah satu hasilnya membahas tentang Visi, Misi, dan Tujuan Universitas. Dari Visi, Misi, dan Tujuan tersebut kemudian kami breakdown kembali ke dalam Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2011.

Adapun Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Fakultas yang Unggul, Modern dan Islami.

Unggul  : Sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta  menghasilkan lulusan yang professional di bidang Kependidikan dan siap kerja.

Modern :  Fakultas selalu melakukan inovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan perkembangan jaman.

Islami    :   Fakultas menyelenggarakan manajemen dan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan prinsip dan nilai-nilai Islami.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian secara professional serta manajemen Fakultas untuk menghasilkan lulusan yang professional di bidang Kependidikan dan siap kerja.
  2. Melaksanakan pendidikan karakter, penelitian dan pengabdian yang inovatif yang sesuai dengan perkembangan jaman.
  3. Menanamkan nilai-nilai Islam kepada seluruh civitas akademik secara komprehensif.

Tujuan:

  1. Menciptakan atmosfir akademik yang nyaman sehingga dapat mendukung kegiatan Proses Belajar Mengajar.
  2. Menghasilkan lulusan yang professional, siap kerja dan berjiwa interpreneurship berdasarkan nilai Islami.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang inovatif sesuai perkembangan jaman.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak sekolah dan pemerintah untuk menciptakan profesionalitas mahasiswa dan lulusan.
  5. Meningkatkan kompetensi Dosen melalui studi lanjut dan pelaksanaan Tri Dharma.
  6. Mengembangkan sistem organisasi dan manajemen yang rapi, efektif dan efisien sehingga mampu memberikan pelayanan administrasi yang memuaskan pengguna.