dfhrsdtraerfg

Gerak Dakwah Universitas Muhamamdiyah Cirebon

sdrgherg

 

Bersama :

Pengurus Cabang Muhammadiyah dan Pengurus Ranting Muhammadiyah

Melalui Subuh Berjama’ah dan Kuliah Dhuha

Periode 2018

 

  1. Jadwal Kegiatan

 

No. Tempat Waktu Alamat PCM
1. Masjid Al-Ittihad Ahad II dan IV Shubuh

Ahad I dan III Pengajian Ba’da Maghrib

PCM Kedawung
2. Gedung Dakwah Ahad Pagi (Dhuha) ke V PCM Kesambi
3. Masjid Jami’ Lemah Abang Rabu malam Minggu ke IV PCM Lemah Abang
4. Masjid Besar An-Nur Ahad I dan III Subuh berjamaah PCM Talun
5. Pesantren Santun Kajian Islam ba’da Maghrib Kamis malam PCM Kejaksan
6. Masjid Hj. Qoni’ah Muhadloroh Selasa malam rutin PRM Wanasaba Kec. Talun
7. Masjid Al-Baredi Kuliah Dhuha PRM Watubelah

 

Kegiatan tersebut disamping bermakna silaturahmi juga mengisi kerohanian warga Persyarikatan, mensosialisasikan UMC dan pada kesempatan-kesempatan khusus diisi penceramah dari luar seperti dari PWM, PP Muhammadiyah dan para tokoh serta da’i dari Jakarta ataupun Yogyakarta.

 

  1. Deskripsi Materi Kajian

 

No. Materi Deskripsi
1. Tema-tema umum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat berkenaan dengan Islam berkemajuan, dan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin (Kapita Selekta Kajian Islam) a.    Pentingnya persatuan dan kebersamaan

(Bahwa negara yang maju dan masyarakat yang berkemajuan membutuhkan ukhuwah sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Sunnah).

b.    Islam dan perempuan

(Kesetaraan laki-laki dan perempuan tidak berarti kesamaan dan kewajiban-kewajiban domestik dan publik serta tanggung jawab sosial, perlunya pemahaman tentang kesetaraan dan keharmonisan.

c.    Islam dan Kesehatan

(Bahwa al-Qur’an sebagai Syifaun perlu didalami dengan benar sehingga umat Islam menjadi umat yang sehat).

d.   Islam dan Kebencanaan

(Kajian ini penting untuk menjadikan warga Persyarikatan berlomba-lomba dalam kebaikan dan menolong sesamanya melalui wadah-wadah yang ada).

2. Kajian khusus terkait dengan aqidah, ibadah dan akhlak a.    Aqidah

(Faham tentang tauhid, menghindari TBC, pembahasan keimanan perspektif tarjih)

b.    Fiqih wudhu, sholat, puasa, zakat dan haji (Meneguhkan pemahaman tentang ibadah yang benar berefek terhadap kepastian dan kekhususan yang pada ujungnya dibahas tentang aspek-aspek therapy dari amaliyah ubudiyah, fungsi wudhu dan lain-lain dalam terapi mental.

c.    Fiqih Kontemporer tentang idiopolisosbud (Kajian ini dibahas melalui muhadloroh untuk memperoleh solusi terkait masailul fiqhiyah dalam aspek-aspek politik, sosial, ekonomi, seni dan budaya).

d.   Kajian Akhlak

(Mencakup tajdid, islah jihad dan aspek-aspeknya untuk membangun kepribadian bermuhammadiyah).

 

  1. Respons Jama’ah

Pengembangan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, diperlukan model-model transformasi  ide, gagasan dan pemahaman dalam bingkai idiologi  bermuhammadiyah semestinya dilakukan dengan kreatif dan inovatif sehingga tak terkesan mengulang-ulang dan stagnan yang dapat menimbulkan kejenuhan.

Oleh karena itu, perlu diciptakan model-model dakwah yang menggembirakan dengan diselingi, sarapan pagi bersama, coffee morning, outbond dan rekreatif untuk lebih mendekatkan sesama kebatinan antar jama’ah.

Potensi jama’ah yang beragam sejatinya merupakan asset Muhammadiyah dalam mengembangkan dan mensukseskan berbagai amaliyah dan usaha Muhammadiyah.

 

  1. Solusi dan Tindak Lanjut

Universitas Muhammadiyah Cirebon disamping memiliki fungsi akademik, dan kajian penelitian  dan pengembangan secara excellences sebagai modal usaha yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan kemasyarakatan dan keumatan melalui dakwah sosial serta amar ma’ruf nahi munkar, memiliki obsesi untuk mengambangkan model dakwah yang lebih atraktif, menggembirakan dan menggairahkan.

Atas harapan dan respons masyarakat (jama’ah) pada tahun 2019/2020 mengembangkan model-model dakwah sebagai berikut :

 

No. Lokus Deskripsi Pengembangan
1. Masjid dan Gedung Dakwah Melengkapi infra struktur agar masjid dan gedung dakwah lebih nyaman dijadikan tempat pengajian (AC, dll).
2. Membangun Taman Literasi Muhammadiyah Di atas tanah seluas 1 ha di kampus II dibangun taman literasi yang dilengkapi perpustakaan taman, area bermain, kantin, kolam renang dan sarana rekreasi / olahraga dan outdoor pengajian.
3. Membangun Anjungan Dakwah Muhammadiyah di pinggir pantai disertai rekreasi kolam pancing Di atas tanah 2 ha, yang sekarang tempat budidaya udang didesain sebagai dakwah rekreatif berbasis keindahan laut.
4. Dakwah berbasis senam kesehatan bersama RSU-UMC Saat ini digemari pengembangan pasar tradisional dan senam massal yang diisi dengan pembinaan hati.
Posted in Agenda, Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.