e7f9065b-92de-48e8-a971-93e9d1f963a6

Memelihara Keislaman yang Mencerahkan

Kuliah Subuh

(materi kuliah subuh di Universitas Muhammadiyah Cirebon, bersama santri unggulan./ oleh Rektor, 8/2/2019)

   Islam dianut tanwiriyah dalam berbagai aspek kehidupan manusia, oleh karena itu umat Islam wajib memelihara keislamannya secara syumuliah wa kafaah.
Dalam beraqidah dan ubudiyah berusaha menjadikan jiwa qolbun salim, menyembuhkan qolbun mariid, dan menghidupkan qolbun mayyit, sehingga rumah hati menjadi saliim, Qs. yunus : 25. Dalam naungan hidayah Allah yang dikehendakiNya.

            Dalam penegakan hukum membangun kepastiaan dan keadilan, Qs. Almaidah : 8. Keadilan yang ditegakan secara proposional menjamin ketertiban, seperti yang dilakukan Nabi SAW, merubah masyarakat feodalistik dan permissif menjadi masyarakat yang tertib dan berkesadaran hukum ( yukhrijuhum min adhulumail Faudhi ila nuril hukmi) Membangun ekonomi yang mencerahkan dalam teologi Al-Maun, terciptanya kemakmuran karena umat memiliki kesadaran hidup kolektif dan kolaboratif, Qs Al-Hsyr : 7, sistem ekonomi trikkel down effek diganti dengan sistem gotong royong untuk terjadinya pemerataan.
Politik yang mencerahkan dibangun dengan cinta bangsa , pada kalangan elitnya. Assulthon hubbul wathon, la hubbul maal faqot. Mencerahkan rakyat bukan menyesatkan rakyat. Penguasa yang berkeadilan terhadap rakyatnya di jamin masuk surga barisan pertama, sebaliknya penguasa yang menyesatkan rakyat lebih jahat dari dajjal, Qs .Al-Baqorah : 14, dijelaskan Fakhruddin Arrazi, penguasa penyesat rakyat sebagai sulthonussayathin.
Pencerahan budaya , menjdikan tradisi dan pranata sosial sebagai penyanggah datangnya hidayah, yukhrizum min adzulumatid dlalalah ila nuril huda, yaitu hidup berteman, toleran dan santun. Qs Al-Hujurat 11 – 13.
Dengan demikin hidup dibawah naungan Al-Qur’an merupakan keharusan umat Islam, mewujudkan baldatun thoyyiibatun wa robbun ,ghofur.

 

Posted in Agenda, Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.