IMG_3267

Muda Berwirausaha Universitas Muhammadiyah Cirebon Mendidik Interpreneurship

IMG_3275

 

Era teknologi informatika identik dengan kreativitas kalangan muda dari unsur mahasiswa, sejak 2004 Universitas Muhammadiyah Cirebon sudah menggalang aktivitas ekonomi kreatif untuk mengenalkan ekonomi digital dengan menghadirkan Dirjen Pengembangan Pos dan Informatika Bapak Prof. Dr. Ahmad Ramli, kini para mahasiswa UMC telah banyak yang tertarik melakukan bisnis melalui teknologi.

Ayu mahasiswa PGSD telah menjadi pengusaha home industri dengan memanfaatkan  batang pohon pisang menjadi makanan ringan dan pemasarannya  melalui bantuan gadget/smartphone/telepon pintar dengan omset yang mencukupi kebutuhan sehari-harinya dan membayar kuliah sendiri yang dapat meringankan beban orang tuanya.

Demikian pula Emi, mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan teknologi informatika ia telah membuka usaha katering dengan keuntungan tiap bulan rata-rata Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah). Hal ini terungkap ketika seminar pemanfaatan media social dengan cerdas.

UMC juga telah berkolaborasi dengan komunitas wali murid Lab School SD dan TK, melalui parenting telah melakukan dakwah efektif agar mereka mempersiapkan generasi mendatang yang kreatif, inovatif dan produktif.

Banyak ragam dan corak emosi beragama dilihat pada aspek energi, imajinasi dan atensi beragama pada anak usia dini; ada yang terlihat agresif pemisive dan bahkan pasif. Benih-benih ini berpengaruh dalam fase pertumbuhannya sampai mereka menginjak usia dewasa.

Dalam Al-Qur’an (QS. Al-A’raf : 172) dijelaskan bahwa potensi beragama telah ada ketika usia kandungan dalam perut ibu seseorang menginjak usianya ke 4 bulan, maka ketika lahir manusia sudah berkehendak untuk beribadah kepada Tuhan. “Tiap manusia terlahir dalam keadaan “fitrah”, maka orangtuanyalah yang menjadikan anak mengikuti cara-cara beribadah Yahudi atau Nasrani (Hadis).

Hal ini berarti peran orangtua sangat penting atau lebih luas lagi adalah aspek penting yang membentuk faham keagamaan apakah radikal, tradisional atau moderat ditentukan oleh lingkungan dimana mereka tumbuh, berkembang dan berinteraksi.

Sikap moderat dalam beragama menjadi penting dalam konteks mengantarkan anak-anak untuk menjadi dewasa dan prilakunya dikonfirmasi dengan agama, atas dasar  keyakinan dan pengetahuan yang dimilikinya, bahkan beragama karena  motif-motif kesenangan individual yang bersifat duniawiyah.

Memang pertumbuhan keberagamaan anak tidak dapat secara langsung untuk memiliki keyakinan dan pengetahuan yang cukup, tetapi sesuai dengan ritme perkembangan usianya dibawalah keberagamaan dimana anak usia dini dengan konfirmasi hadiah, perasaan aman (tidak dicela temannya), berlanjut hasrat untuk berkepantasan melalui mengikuti aturan-aturan yang ada dan pada akhirnya seiring dengan kematangan psikologisnya, beragama didasarkan pada keyakinan dan pengetahuan sehingga kewajiban-kewajiban agama ditunaikannya sebagai kebutuhan hidupnya.

Peran orangtua sangat penting dalam memberikan bentuk imitasi beragama, karena pada dasarnya anak usia dini mengikuti apa saja yang dilakukan kedua orang tuanya dan gurunya, maka penting pula menginformasikan kepada orangtua dan guru tentang pentingnya uswatun hasanah, dalam prilaku beragama, faham beragama dan keyakinan beragama.

Inti dari keberagamaan adalah harmoni dalam agamis-humanis yaitu tuntutan ke sektor individual dan sosial, kepatuhan ritual dan menghindari dosa sosial, ketika pembiasaan ini dilakukan dan dilanjutkan dengan proses internalisasi dan kristalisasi beragama pada anak, maka terlahirlah sosok islamistis yang moderat dengan melihat ukiran-ukiran keberagamaan secara kamil dan kafah dan menjadikan dengan islamnya itu sebagai rahmatan lil ‘alamin, dan inilah yang disebutnya sebagai orang-orang yang beruntung (QS. 28 : 67) bukan sebaliknya menjadi orang-orang yang rugi (QS. 18 : 103) atau orang-orang yang tertipu (QS. 4 : 142) dan jangan sampai mereka terlahir hanya untuk menjadi orang-orang yang bangkrut (QS. 49 : 11-12).

Posted in Agenda, Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.