93a1506b-16f2-46d5-81bb-b41559c200a1

Nuzulul Qur’an Mahasiswa Pesantren UMC

cd466893-ade9-4609-a960-dff9d6df750e

Rektor UMC, Prof. DR. H. Khaerul Wahidin. M.Ag,

  Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menyelenggarakan Kajian Islam dengan tema Nuzulul Qur’an, dengan pelaksana pesantren UMC, bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

  Kajian Islam tersebut disertai pula dengan pemberian bingkisan dan santunan kepada 50 anak yatim dan mustadafiin.

  Nara sumber dalam kajian ini langsung disampaikan Rektor UMC, Prof. DR. H. Khaerul Wahidin. M.Ag, dan ditutup ceramahnya dengann iftthor jama’i beserta civitas dan masyarakat sekitar.

  Dalam taushiyahnya Rektor menjelaskn ajaran Islam tentang filantropi, sebagai esensi Al-Qur’an. Sebagaimana dalam surat Al-Anbiya 110,/bahwa di utusnya Muhammad dengan Al-Qur’an nya agar manusia meraskan rahmah/kesejahatieraan lahir,batin, jamani, rahani, dunia dan akherat.

  Islam mengecam pemeluknya kenyang dan senang sendiri sementara tetangganya kelaparan. Maka gerakan taawun merupakan misi utama Al-Qur’an.

  Pada sisi lain tergeraknya umat Islam menolong sesamanya timbul dari hati yang jernih, hati manusia yang terkontaminasi oleh sifat-sifat yang madzmumah, akan sulit menjadi sosok filantropi maka sebelum orang mau beraqobah, berjihad dengan hartanya dan melepas yang dicintainya untuk berbagi, harus trlebih dahulu membersihkan hati dari kikir dan dengki, (Al-Hasyr 9 dan 10).

  Filantopi merupakan mofalitas dakwah, karena jika dai mendawahkn Islam, tidak disertai memberi pertolongan, maka dakwahnya tidak menarik, maka dalam surat Al-Dzariat 19, memberi pertolongan kepada sesama, terlebih yang sangat dibutuhkn, menjdi motivasi untuk diterimanya dakwah tersebut.

 

Posted in Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.