Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (DIREKTORAT LPPM)

Direktorat PPM berkewajiban untuk dapat memenuhi standar 7 evaluasi Akreditasi  Institusi  Perguruan  Tinggi (AIPT):  Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama

Deskripsi
Standar ini adalah acuan keunggulan mutu penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama yang diselenggarakan untuk dan terkait dengan pengembangan mutu perguruan tinggi.
Penelitian adalah salah satu tugas pokok perguruan tinggi yang memberikan kontribusi dan manfaat kepada proses pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi harus memiliki sistem perencanaan pengelolaan serta implementasi program-program penelitian yang menjadi unggulan. Sistem pengelolaan ini mencakup akses dan pengadaan sumber daya dan layanan penelitian bagi pemangku kepentingan, memiliki peta-jalan (road-map), melaksanakan penelitian serta mengelola dan meningkatkan mutu hasilnya dalam rangka mewujudkan visi, melaksanakan misi, dan mencapai tujuan yang dicita-citakan perguruan tinggi.
Perguruan tinggi menciptakan iklim yang kondusif agar dosen dan mahasiswa secara kreatif dan inovatif menjalankan peran dan fungsinya sebagai pelaku utama penelitian yang bermutu dan terencana. Perguruan tinggi memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian dalam berbagai bentuk, antara lain penyelenggaraan forum/seminar ilmiah,  presentasi ilmiah dalam forum nasional dan internasional, publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional yang bereputasi.
Pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sebagai perwujudan kontribusi kepakaran, kegiatan pemanfaatan hasil pendidikan, dan/atau penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni, dalam upaya memenuhi permintaan dan/atau memprakarsai  peningkatan mutu kehidupan bangsa. Perguruan tinggi yang baik memiliki sistem pengelolaan kerjasama dengan pemangku kepentingan eksternal dalam rangka penyelenggaraan dan peningkatan mutu secara berkelanjutan program-program akademik.  Hasil kerjasama dikelola dengan baik untuk kepentingan akademik dan sebagai perwujudan akuntabilitas perguruan tinggi sebagai lembaga nirlaba.  Perguruan tinggi yang baik mampu merancang dan mendayagunakan program-program kerjasama yang melibatkan partisipasi aktif perguruan tinggi dan memanfaatkan dan meningkatkan kepakaran dan mutu sumber daya perguruan tinggi.
Akuntabilitas  pelaksanaan tridarma dan kerja sama perguruan tinggi   diwujudkan dalam bentuk keefektifan pemanfaatannya untuk memberikan kepuasan pemangku kepentingan terutama peserta didik.


Elemen Penilaian

  1. Kebijakan dan sistem pengelolaan penelitian yang lengkap dan  dikembangkan serta dipublikasikan oleh institusi.
  2. Jumlah dan judul penelitian yang dilakukan oleh dosen tetap.
  3. Judul artikel ilmiah/karya ilmiah/ karya seni/buku yang dihasilkan oleh dosen tetap.
  4. Jumlah artikel ilmiah yang tercatat dalam sitasi internasional.
  5. Karya dosen atau mahasiswa yang telah memperoleh Paten/HaKI/karya yang mendapat penghargaan tingkat nasional/internasional.
  6. Kebijakan dan upaya yang dilakukan institusi dalam menjamin keberlanjutan dan mutu  penelitian.
  7. Kebijakan dan sistem pengelolaan PkM.
  8. Jumlah kegiatan PkM berdasarkan sumber pembiayaan.
  9. Kebijakan dan upaya yang dilakukan institusi dalam menjamin keberlanjutan dan mutu PkM.
  10. Kebijakan dan upaya kerjasama.
  11. Instansi dalam dan luar negeri yang menjalin kerjasama.
  12. Proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan dan hasil kerjasama serta waktu pelaksanaannya.
  13. Manfaat kerjasama dan kepuasan mitra kerjasama.