17e393d6-47ef-42b1-9c3d-1736290e08ec

Pelatihan Preceptorship bersama Fakultas Ilmu Keshatan & Fakultas Keperawatan

ddf60852-d668-48da-8d56-f57c09f0ded5

Civitas Akademika FIKES UMC & Fakultas Keperawatan Univ Padjadjaran

 

    Program Profesiners merupakan kelanjutan pendidikan sarjana keperawatan. Program profesi t ersebut bertujuan menghasilkan ners yang mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memberikan layanan kesehatan dengan menerapkan prinsip-prinsip keperawatan. Pemberian layanan tersebut mengutamakan keselamatan  diri, klien dan lingkungan dengan mengacu pada sistem pelayanan kesehatan nasional dan menunjukan penampilan profesional yang dibutuhkan oleh pemakai jasa ners profesional.

          Salah  satu  model pembelajaran  untuk meningkatkan kemampuan  peserta didik ners menjadiseorang perawat profesional melalui pendekatan preceptorship. Preceptorshiptelah dikenal sebagai strategiyang sangat pentingdalam meningkatkan kemampuan peserta didik untukmenjadiseorang perawatyang profesional. Melalui model tersebut akan memberikankesempatan pendampingan dan bimbingan kepada peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan baik terhadap situasi klinik dan  lingkunganklinik, terjadi transfer pengetahuan, sikap dan keterampilan preceptor kepada precepteenya terkait peran dan tugas seorang perawat,  mendapatkan role model, mendapatkan feedback pembelajaran klinik serta memberikan kesempatan pendelegasian kewenangan secara bertahap kepada peserta didik.

        Pembelajaran klinik preceptorship diharapkan dapat  mengurangi stress situasi klinik, meningkatkan kepercayaan diri peserta didik,  menampilkan prilaku profesional yang diharapkan oleh profesi keperawatan. Kekuatan dari preceptorship adalah mempersiapkan peserta didik untuk menjadi perawat profesional dan melindungi masyarakat dari pelayanan para praktisi pemula yang tidak berpengalaman. Dalamrangka meningkatkan penguasaandalammetode pembelajaranklinik khususnya preceptorship maka AIPNI regional VI bermaksud mengadakan “Pelatihan Preseptor Regional VI” yangakan dilaksanakan padatanggal 25 dan 26 Februari 2019Dalamrangka meningkatkan penguasaan pembelajaran klinik khususnya preceptorship maka AIPNI regiona lVI bermaksud mengadakan“Pelatihan Preceptorship bagi Dosen dan pembimbing klinik di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon

f84dd802-205b-4d11-8f38-1eeeffabdd4f

Bangun Literasi Media di Era Milinea

 

be60453b-2b54-42be-8b27-abedc1acbd57

Zaman millenea dalam wacana Ronggo wasito disamakan dengan zaman kalabendu atau zaman Edan.  Banyak prilaku yang aneh-aneh, untuk memperoleh keseangan duniawi, sehingga lupa daratan dan lupa lautan.  Namun sebagai ning sing lali, luwih bagja wong eling kalawan waspada.

Memang orang yang mempu meningkatan tingkat “kemekan” bermedia berbeda dengan yang “buta” bermedia. Perbedaan itu terletak pada skill memperoteksi , memiliki daya,jelajah, aksestable, analisis, dan mengunggah pesan selektif dan cerdas. Singkatnya ” Tabayyun” ( QS alhujurat : 6 ). Kemampuan literasi media dapat diraih dengan mengikuti lima dalil-dalil umum sebagaimana difahmi masyarakat.

Pertama menanamkan niat kebajikan, karena media apapun tdk bebas nilai, Kedua, alat media dikonstruk untuk kemaslahatan, tdk untuk menarik perhatian, iseng dan tidak berlandaskan moral (maniak), ketiga , Disertai perasaan kemanusiaan.

Perasaan manusia umumnya sama senang terhadap yang positif dan tidak senang terhasap negatif. Maka bila berbohong hal yang negatif , solusinys tdk memperbanyak pesan bohong (hooks).

Keempat kesadaran atas hukum semesta ( sunnatullah). Kebaikan dibalas dg kebaikan dan kejahatan bertemu dengan pelakunya sendiri dan kelima meningkatkan skill sesuai dengan kebutuhan zamannya. Maka belajar tentang ilmu zaman dan budaya, bererti mempelajari ketrampilan yang benar dan efeknya membawa kemanfaatan untuk kenajuan taraf hidup mayarakatnya.

IMG_20190213_141018

Beragama Yang Mencerahkan Berbasis Tauhid

 

IMG_20190213_135238

Pengajian dalam menyongsong Tanwir 2019 dimaksudkan untuk memberikan spirit dan inspirasi sekaligus meneguhkan komitmen warga Muhammadiyah untuk memiliki energi tauhid dalam menggerakkan faham keagamaan yang moderat (tawassuth) (QS/2, Al-Baqarah : 143).

Dalam semiotika fenomena keagamaan dapat ditafsirkan dalam tiga dimensi penandaan yaitu : 1) makna detonatif, 2) makna konotatif dan 3) makna mitos.

Pemahaman detonative tentang Tanwir dimaksudkan bahwa terjadinya suatu peristiwa penting dalam organisasi Muhammadiyah sebagai forum tertinggi setelah Muktamar. Forum Tanwir sebagai bukti Muhammadiyah sebagai organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia berfikir universal tentang kemajuan bangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh bangsa itu sendiri (QS/13, Arro’du : 11). Hal ini tercermin dari keyakinan dalam basis tauhid, bahwa seluruh aktivitas dipersembahkan untuk mendapatkan keridlaan Allah SWT (QS/6, Al-An’am : 162).

Sementara itu warga Muhammadiyah diharapkan mengutamakan integritas dalam budaya kerja dan daripadanya memunculkan karakteristik keagamaan warga Muhammadiyah dalam beragama  disertai  dengan sikap-sikap terpuji dalam bingkai tauhidullah. Tegasnya moralitas sebagai hasil dari bertauhid dan beribadah ditunaikan secara konsisten. Itulah sebagai wujud beragama yang mencerahkan

agrehyewr

Penguatan Idiologi Bermuhammadiyah

619b98cb-0223-4e3b-a1ca-c642cd7f99b7

Penutupan pesantren umc gelombang VI Bersama Rektor UMC (Prof. DR. H. Khaerul Wahidin, M.Ag)

               Muhammadiyah merupakan gerakan Keislaman sekaligus Kemanusiaan. Ajaran pokok Islam adalah Tauhid, bila dipahami secara praksis, maka sebagai paham aqidah najiah, maka ketauhidan merupakan basis untuk bekerja karena Allah SWT dan memanfaatkan hasil kerjanya untuk menolong Agama Allah SWT. Kajian ini tercermin dari ayat Al-Qur’an Al-Maidah ; 8 dan surat Asshof ; 10. Maka dalam Islam bekerja mementingkan Integritas

atgawertg

Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Tahun Akademik 2018-2019

ewr

#Bagus NurulIman Kepala LPKP UMC

          Universitas Muhammadiyah Cirebon sedang melangsungkan kegiatan Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun akademik 2018 – 2019 yang di mulai hari Senin tanggal 11 – 16 Februari 2019. Pada pelaksanaan hari pertama teribilang cukup lancar yang di mulai pukul 07.30 – 12 .30 untuk sesi satu dan 13.00-17.30 pada sesi dua.
Ujian akhir ini sebagai bagian dari prosesi Akhir Akademik guna mengetahui, mengevaluasi hasil dari perkuliahan selama satu semester selain itu juga utuk melihat bagaiamana evaluasi dalam proses pembelajaran yang tentunya hasil dari evaluasi ini dapat di jadikan bahan perbaikan untuk semester Genap 2018-2019 baik secara kegiatan pembelajaran /perkuliaham maupun pelakasanaan evaluasinya.
Universitas Muhammadiyah Cirebon melalui Lembaga Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran terus berusaha meningkatkan kualitas di mulai Kurikulum yang disesuaikan dengan peraturan yang ada serta Kearifan Lokal dan Internasional, kemudian dalam proses pembelajaran perkuliahan juga terus di tingkatkan dari sisi IT dan proses lainya yang tentu sangat diharapkan mutu lulusan dari Universitas Muhammadiyah Cirebon akan terus menjadi lebih baik dan dapat di terima serta bermanfaat bagi masyarakat.
Semoga Ujian Akhir Semester berjalan dengan lancar hingga hari terakhir tanpa ada kendala apapun.

 

81aefeb6-7e89-44cf-92de-8f77525f05b9

Silaturahim bersama Tokoh Masyarakat Cirebon

Silaturahmi informal Rektor UMC bersama Sultan Sepuh Kesepuhan Pangeran Arief Natadiningrat dan PJ. Bupati Cirebon, H. Dicky Saromi dan Sesepuh Kabupaten Cirbon KH. Usamah Mansyur di Masjid sang Ciptarasa, dibahas di dalamnya beberapa aspek mewujudkan gerakan Cirebon Katon yang identik artinya dengan Cirebon mencerahkn, dan Cirebon Murub. Yang tidak lain menggali potensi Cirebon agar berkemajuan.

e7f9065b-92de-48e8-a971-93e9d1f963a6

Memelihara Keislaman yang Mencerahkan

Kuliah Subuh

(materi kuliah subuh di Universitas Muhammadiyah Cirebon, bersama santri unggulan./ oleh Rektor, 8/2/2019)

   Islam dianut tanwiriyah dalam berbagai aspek kehidupan manusia, oleh karena itu umat Islam wajib memelihara keislamannya secara syumuliah wa kafaah.
Dalam beraqidah dan ubudiyah berusaha menjadikan jiwa qolbun salim, menyembuhkan qolbun mariid, dan menghidupkan qolbun mayyit, sehingga rumah hati menjadi saliim, Qs. yunus : 25. Dalam naungan hidayah Allah yang dikehendakiNya.

            Dalam penegakan hukum membangun kepastiaan dan keadilan, Qs. Almaidah : 8. Keadilan yang ditegakan secara proposional menjamin ketertiban, seperti yang dilakukan Nabi SAW, merubah masyarakat feodalistik dan permissif menjadi masyarakat yang tertib dan berkesadaran hukum ( yukhrijuhum min adhulumail Faudhi ila nuril hukmi) Membangun ekonomi yang mencerahkan dalam teologi Al-Maun, terciptanya kemakmuran karena umat memiliki kesadaran hidup kolektif dan kolaboratif, Qs Al-Hsyr : 7, sistem ekonomi trikkel down effek diganti dengan sistem gotong royong untuk terjadinya pemerataan.
Politik yang mencerahkan dibangun dengan cinta bangsa , pada kalangan elitnya. Assulthon hubbul wathon, la hubbul maal faqot. Mencerahkan rakyat bukan menyesatkan rakyat. Penguasa yang berkeadilan terhadap rakyatnya di jamin masuk surga barisan pertama, sebaliknya penguasa yang menyesatkan rakyat lebih jahat dari dajjal, Qs .Al-Baqorah : 14, dijelaskan Fakhruddin Arrazi, penguasa penyesat rakyat sebagai sulthonussayathin.
Pencerahan budaya , menjdikan tradisi dan pranata sosial sebagai penyanggah datangnya hidayah, yukhrizum min adzulumatid dlalalah ila nuril huda, yaitu hidup berteman, toleran dan santun. Qs Al-Hujurat 11 – 13.
Dengan demikin hidup dibawah naungan Al-Qur’an merupakan keharusan umat Islam, mewujudkan baldatun thoyyiibatun wa robbun ,ghofur.

 

IMG_3267

Muda Berwirausaha Universitas Muhammadiyah Cirebon Mendidik Interpreneurship

IMG_3275

 

Era teknologi informatika identik dengan kreativitas kalangan muda dari unsur mahasiswa, sejak 2004 Universitas Muhammadiyah Cirebon sudah menggalang aktivitas ekonomi kreatif untuk mengenalkan ekonomi digital dengan menghadirkan Dirjen Pengembangan Pos dan Informatika Bapak Prof. Dr. Ahmad Ramli, kini para mahasiswa UMC telah banyak yang tertarik melakukan bisnis melalui teknologi.

Ayu mahasiswa PGSD telah menjadi pengusaha home industri dengan memanfaatkan  batang pohon pisang menjadi makanan ringan dan pemasarannya  melalui bantuan gadget/smartphone/telepon pintar dengan omset yang mencukupi kebutuhan sehari-harinya dan membayar kuliah sendiri yang dapat meringankan beban orang tuanya.

Demikian pula Emi, mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan teknologi informatika ia telah membuka usaha katering dengan keuntungan tiap bulan rata-rata Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah). Hal ini terungkap ketika seminar pemanfaatan media social dengan cerdas.

UMC juga telah berkolaborasi dengan komunitas wali murid Lab School SD dan TK, melalui parenting telah melakukan dakwah efektif agar mereka mempersiapkan generasi mendatang yang kreatif, inovatif dan produktif.

Banyak ragam dan corak emosi beragama dilihat pada aspek energi, imajinasi dan atensi beragama pada anak usia dini; ada yang terlihat agresif pemisive dan bahkan pasif. Benih-benih ini berpengaruh dalam fase pertumbuhannya sampai mereka menginjak usia dewasa.

Dalam Al-Qur’an (QS. Al-A’raf : 172) dijelaskan bahwa potensi beragama telah ada ketika usia kandungan dalam perut ibu seseorang menginjak usianya ke 4 bulan, maka ketika lahir manusia sudah berkehendak untuk beribadah kepada Tuhan. “Tiap manusia terlahir dalam keadaan “fitrah”, maka orangtuanyalah yang menjadikan anak mengikuti cara-cara beribadah Yahudi atau Nasrani (Hadis).

Hal ini berarti peran orangtua sangat penting atau lebih luas lagi adalah aspek penting yang membentuk faham keagamaan apakah radikal, tradisional atau moderat ditentukan oleh lingkungan dimana mereka tumbuh, berkembang dan berinteraksi.

Sikap moderat dalam beragama menjadi penting dalam konteks mengantarkan anak-anak untuk menjadi dewasa dan prilakunya dikonfirmasi dengan agama, atas dasar  keyakinan dan pengetahuan yang dimilikinya, bahkan beragama karena  motif-motif kesenangan individual yang bersifat duniawiyah.

Memang pertumbuhan keberagamaan anak tidak dapat secara langsung untuk memiliki keyakinan dan pengetahuan yang cukup, tetapi sesuai dengan ritme perkembangan usianya dibawalah keberagamaan dimana anak usia dini dengan konfirmasi hadiah, perasaan aman (tidak dicela temannya), berlanjut hasrat untuk berkepantasan melalui mengikuti aturan-aturan yang ada dan pada akhirnya seiring dengan kematangan psikologisnya, beragama didasarkan pada keyakinan dan pengetahuan sehingga kewajiban-kewajiban agama ditunaikannya sebagai kebutuhan hidupnya.

Peran orangtua sangat penting dalam memberikan bentuk imitasi beragama, karena pada dasarnya anak usia dini mengikuti apa saja yang dilakukan kedua orang tuanya dan gurunya, maka penting pula menginformasikan kepada orangtua dan guru tentang pentingnya uswatun hasanah, dalam prilaku beragama, faham beragama dan keyakinan beragama.

Inti dari keberagamaan adalah harmoni dalam agamis-humanis yaitu tuntutan ke sektor individual dan sosial, kepatuhan ritual dan menghindari dosa sosial, ketika pembiasaan ini dilakukan dan dilanjutkan dengan proses internalisasi dan kristalisasi beragama pada anak, maka terlahirlah sosok islamistis yang moderat dengan melihat ukiran-ukiran keberagamaan secara kamil dan kafah dan menjadikan dengan islamnya itu sebagai rahmatan lil ‘alamin, dan inilah yang disebutnya sebagai orang-orang yang beruntung (QS. 28 : 67) bukan sebaliknya menjadi orang-orang yang rugi (QS. 18 : 103) atau orang-orang yang tertipu (QS. 4 : 142) dan jangan sampai mereka terlahir hanya untuk menjadi orang-orang yang bangkrut (QS. 49 : 11-12).