17e393d6-47ef-42b1-9c3d-1736290e08ec

Pelatihan Preceptorship bersama Fakultas Ilmu Keshatan & Fakultas Keperawatan

ddf60852-d668-48da-8d56-f57c09f0ded5

Civitas Akademika FIKES UMC & Fakultas Keperawatan Univ Padjadjaran

 

    Program Profesiners merupakan kelanjutan pendidikan sarjana keperawatan. Program profesi t ersebut bertujuan menghasilkan ners yang mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memberikan layanan kesehatan dengan menerapkan prinsip-prinsip keperawatan. Pemberian layanan tersebut mengutamakan keselamatan  diri, klien dan lingkungan dengan mengacu pada sistem pelayanan kesehatan nasional dan menunjukan penampilan profesional yang dibutuhkan oleh pemakai jasa ners profesional.

          Salah  satu  model pembelajaran  untuk meningkatkan kemampuan  peserta didik ners menjadiseorang perawat profesional melalui pendekatan preceptorship. Preceptorshiptelah dikenal sebagai strategiyang sangat pentingdalam meningkatkan kemampuan peserta didik untukmenjadiseorang perawatyang profesional. Melalui model tersebut akan memberikankesempatan pendampingan dan bimbingan kepada peserta didik untuk dapat beradaptasi dengan baik terhadap situasi klinik dan  lingkunganklinik, terjadi transfer pengetahuan, sikap dan keterampilan preceptor kepada precepteenya terkait peran dan tugas seorang perawat,  mendapatkan role model, mendapatkan feedback pembelajaran klinik serta memberikan kesempatan pendelegasian kewenangan secara bertahap kepada peserta didik.

        Pembelajaran klinik preceptorship diharapkan dapat  mengurangi stress situasi klinik, meningkatkan kepercayaan diri peserta didik,  menampilkan prilaku profesional yang diharapkan oleh profesi keperawatan. Kekuatan dari preceptorship adalah mempersiapkan peserta didik untuk menjadi perawat profesional dan melindungi masyarakat dari pelayanan para praktisi pemula yang tidak berpengalaman. Dalamrangka meningkatkan penguasaandalammetode pembelajaranklinik khususnya preceptorship maka AIPNI regional VI bermaksud mengadakan “Pelatihan Preseptor Regional VI” yangakan dilaksanakan padatanggal 25 dan 26 Februari 2019Dalamrangka meningkatkan penguasaan pembelajaran klinik khususnya preceptorship maka AIPNI regiona lVI bermaksud mengadakan“Pelatihan Preceptorship bagi Dosen dan pembimbing klinik di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon

Posted in Agenda, Berita, Pengumuman.