Pesan dan Kesan Rektor dalam Wisuda Ke XX Universitas Muhammadiyah Cirebon

IMG-20180509-WA0001IMG-20180509-WA0002IMG-20180509-WA0004IMG-20180509-WA0003




Bahwa lanskep Perguruan Tinggi di era millinia tidak hanya menyiapkan lulusan yang dapat bekerja dan memberi kerja, hanya sekedar banting tulang mengejar kuasa dan harta, tetapi yang paling utama, Perguruan Tinggi mempunyai tugas mulia yaitu membangun peradaban manusia.

Menjadi sarjana bukanlah terletak pada selembar ijazah, karena sejatinya selembar kertas itu hanyalah simbol bahwa pemiliknya mempunyai karakter yang mulia dan mengangkat derajat kemuliaan itu untuk bangsa dan agama. Inilah yang dimaksudkan dalam pesan Allah SWT. bahwa Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat (Al-Mujadilah : 11). Bahwa ilmu itu ujungnya adalah adab, maka nabi mengajarkan ta’allamul adab qoblal ilmi, jadikanlah pendidikan itu untuk membangun peradaban dengan menempatkan ilmu-ilmu kepada ketinggian martabat manusia.
Era millinium dewasa ini, penguatan ilmu tidak hanya berpusat pada guru, seperti yang terjadi pada abad 19 dan 20 yang dikenal dengan teacher centered, tapi di abad 21 paradigmanya wajib dibalik 180° menjadi student centered.
Dalam membangun peradaban, kampus disyaratkan memenuhi 3 (tiga) kriteria. Pertama, Zawwajal ilmi mengawinkan cabang-cabang ilmu (open mind space). Hal ini membutuhkan mahasiswa yang akalnya cerdas dan terbuka, kedua, Jawwadul qolbi (green hart space) dan yang ketiga Juhdul amali (working space) yaitu kerja keras secara kreatif dan produktif.

Apapun profesi dan keahlian saudara yang akan dikhidmatkan kepada bangsa ini semua penting, dan yang paling penting adalah menjadikan kebajikan kerja akibat dari kemampuan mensyukuri nikmat Allah SWT. dan berterima kasih kepada kedua orang tua, maka jadikanlah momentum wisuda ini untuk mengokohkan komitmen menjaga harmoni dalam irama antara akal, hati dan ketrampilan, sehingga lulusan Universitas Muhammadiyah Cirebon dimanapun bekerja mereka adalah insan-insan yang beradab, sopan dan tetap hormat kepada orang tua.
Semoga Allah SWT. selalu melimpahkan rahmat dan ridlo-Nya dalam setiap derap dan usaha mencapai sukses dunia wal akhirat.

Cirebon, 05 Mei 2018

Prof. DR. H. Khaerul Wahidin, M.Ag

Posted in Agenda, Berita, Sambutan Rektor, Tak Berkategori.