17e46e7c-dea1-4266-83a9-8c2afa8a1559

Semarak Peringatan Milad Muhammadiyah 106 dan Maulid Nabi SAW

 

17e46e7c-dea1-4266-83a9-8c2afa8a1559

 

                  Ilsam adalah Agama Insyaniyah maka semangat Kemanusiaan menjadi ciri Keislaman manusia, untuk itu, Universitas Muhammadiyah Cirebon bertepatan dengan hari milad menyelenggarakan

               Baktisosial, berupa pengobatan gratis bersama Masyarakat dan para Santri Universitas Muhammadiyah Cirebon. Bersama dengan itu, diadakan Pengajian Ahad Akbar dengan tema Muhamamdiyah Berta’awun untuk Bangsa. Nilai Kemanusiaan dalam bentuk pembangunan peradaban di kampus Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon, dengan mengambil kisah pengorbanan Nabi Ibrahim yang juga penanda dalam perayaan Idul Adha dan juga gerak langkah Nabi Muhammad dalam penyebaran Agama.2a7faa17-3c2a-40a8-859b-7f3f91810056

         Idul Adha mengunjungi kembali Umat lslam pada setiap 10 Dzulhijah yang digambarkan Nabi SAW sebagai Asyirotul Mubarokti hari dan tanggal yang mengandung banyak keberkahan, yaitu hikmah dan pelajaran dari perjalanan para Nabi, terutama Nabi Adam dan Hawa serta Nabi lbrahim dan Hajar serta lsmail AS.

Fenornena historis dari per.jalanan Nabi lbrahim menandakan bahwa hanya dengan kepatuhan kepada Allah SWT secara total dapat menyuburkan jiwa yang kuat dengan iman yang penuh keikhlasan serta berbuahkan kernuliaan.
7ac1dd90-ee4d-472a-977a-c6956728a48c

Secara realitas pada setiap datang Idhul Adha, umat lslam mengisinya dengan berbagai ritual dari rnulai rnemperbanyak dzikir, sholat ied, takbir, tahmid dan tahlil, bersilaturahmi, berbuat baik kepada orang tua serta berbagi kebahagiaan dengan fakir miskin.

Sementara saudara-saudara kita yang sedang berhaji menyempurnakan ibadahnya agar sekembalinya dari tanah suci menjadi orang-orang yang sholeh dan mendapat predikat Haji Mabrur.

Kesemuanya menggambarkan keagungan dan kebesaran lslam yang memancarkan kedamaian dan rahmat bagi umat manusia (Dinul rahmah wassalamah). Wama arsalnaka illa rahmatan lil ‘alamin sebagai Dinul rahmah wassalamah yaitu agama yang membawa keselamatan dan kasih sayang) meniscayakan jaminan atas kesejahteraan dan kemakmuran, bilamana umat lslam secara sadar melaksanakan nilai-nilai keislamanan khususnya, nilai-nilai ldul Qurban dalam bentuk ketaatan kepada Allah SWT (Hablum minatlahil dan membangun kemanusiaan sejati Hablum minannas), maka sampailah kepada derajat taqwa dengan sebenar-benarnya taqwa.  c0b8b168-880d-49af-ade0-ab290664f8b0

Akan tetapi bilamana yang terjadi dalam kehidupan umat lslam menjauh dari nilai-nilai keislaman dan mengabaikan ketaatan kepada Allah, maka berarti menjauhkan dari keberkahan dan kemuliaan.
Akhirnya marilah kita do’akan sesama bangsa yang sedang mengalami musibah dimanapun mereka berada semoga diberi kekuatan dan kesabaran.
Menyebarkan Islam dengan Pendekatan Humanitas dibuktikan dapat efektif sepanjang sejarah dakwah dan amar ma’ruf nahi munkar.
Ahad, 18 Nopember 2018

 

Posted in Agenda, Berita, Pengumuman, Sambutan Rektor.