Sepekan Telah Menjalani Ramadhan

  Allah SWT. mengingatkan agar seiring dengan perjalanan waktu, kita wajib berupaya membangun kualitas amal (Ahsanu Amala), terlebih-lebih di bulan Ramadhan yang merupakan bulannya Al-Qur’an. Bahkan dapat dikatakan Ramadhan ini merupakan hadiah dari Al-Qur’an dalam artian bahwa kebaikan yang bertaburan di bulan ini dalam rangka merayakan Al-Qur’an.

  Al-Qur’an merupakan serat kehidupan umat Islam, umat Islam mengalami siklus kehidupan sejak masih dalam kandungan sampai datangnya ajal kematian tidak terlepas dari kalam-kalam Al-Qur’an.

  Nabi SAW mengibaratkan hati seperti besi yang terkadang bisa berkarat, maka pembersih dari karatnya hati adalah Al-Qur’an, hati terkadang sakit  maka penyembuhnya adalah Al-Qur’an, dan hati yang telah mati, dihidupkannya dengan Al-Qur’an (terapi Al-Qur’an). Artinya di bulan Ramadhan ini Al-Qur’an tidak sekedar dibaca, tetapi dimasukkan dalam hati (dihafal) dan sekaligus ditadaburi maknanya sehingga memberi pencerahan kepada manusia.

  Hal ini memberi isyarat bahwa kehidupan yang diharapkan dalam Islam adalah kehidupan yang tidak stagnant (jumud), akan tetapi kehidupan yang dinamis, berkembang dan berkemajuan.

  Dalam kaitan ini, Al-Qur’an menyebutkannya sebagai Khairu Ummah (Ali-Imran : 110), menurut Abduh ayat ini mengandung pengertian bahwa dalam diri umat Islam terdapat potensi besar berupa keutamaan-keutamaan  diatas rata-rata umat-umat dan bangsa-bangsa sedunia. Hal itu, karena umat Islam memiliki kitab suci yang syamliyah (lengkap, rasional dan mendoorng kepada kemajuan).

  Bersamaan dengan itu dalam perspektif sejarah kemajuan yang diraih umat-umat terdahulu berangkat dari kesungguhannya melepaskan umat Islam dari kehidupan yang dlollah (gelap) kepada kehidupan yang dzillah (dibawah naungan) Al-Qur’an, dari kehidupan yang bathil kepada kehidupan benar, inilah prinsip-prinsip yang dijalankan atas dasar kebanggaan dan kecintaannya terhadap kemanusiaan.

  Semoga nilai-nilai Al-Qur’an dapat meresap dalam hati sanubari umat Islam dalam berusaha membawa negeri ini kepada kemakmuran rakyatnya dan keadilan pemimpinnya. Amin

Kultum Dzuhur Masjid UMC

Posted in Agenda, Berita, Sambutan Rektor.