Makna Lambang

Universitas Muhammadiyah Cirebon mempunyai lambang sebagai berikut :

UMC (1)

Lambang sebagaimana dalam ayat (1) mengandung unsur-unsur sebagai berikut :

  1. Dua garis lingkar bersegi lima dengan warna garis adalah hitam, ruang dalam antar garis berwarna putih dan warna dasar lingkar dalam adalah merah.
  2. Tulisan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH melingkar sesuai dengan garis luarnya berwarna hitam.
  3. Dua bintang segi lima mengapit tulisan Cirebon.
  4. Padi dan kapas : padi warna kuning terdiri atas 19 butir dan kapas warna hijau terdiri atas 12 buah.
  5. Lambang Persyarikatan Muhammadiyah berada tepat ditengah-tengahnya yang terdiri dari :
    • Matahari dengan jumlah sinar 12 rumpun berkas warna merah.
    • Tulisan dua kalimat syahadat yang ditulis dengan huruf Al-Qur’an warna hitam dengan latar kuning.

Arti Lambang sebagaimana ayat (1) dan (2) sebagai berikut :

  1. Dua garis lingkar bersegi lima berwarna hitam, dengan strip putih melambangkan Keagungan dan kesucian nilai-nilai Islam dan keagungan nilai-nilai Pancasila.
  2. Tulisan : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH berwarna hitam merupakan nama lembaga pendidikan yang ikut serta secara bersungguh-sungguh aktif mencerdaskan bangsa.
  3. Dua buah  bintang  segi  lima  mengapit  tulisan  Cirebon melambangkan keseimbangan Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam mengemban amanat Persyarikatan Muhammadiyah untuk berda’wah Islamiah, amar ma’ruf nahi munkar yang selaras dengan falsafah Pancasila.
  4. Padi melambangkan kesejahteraan rakyat. Padi terdiri dari 19 butir dan kapas terdiri dari 12 buah bermakna angka dan tahun didirikannya Persyarikatan Muhammadiyah : 1912.
  5. Matahari dengan dua belas rumpun berkas sinar adalah lambang Persyarikatan Muhammadiyah, berada tepat ditengah-tengah bermakna bahwa Universitas Muhammadiyah Cirebon merupakan salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah dan kepribadian Muhammadiyah menjadi ciri setiap perilaku warga Universitas Muhammadiyah Cirebon.